Senin, 28 Mei 2012

Mengenal Teknik Operasi - Operation Research

Teknik operasi atau dalam bahasa inggris disebut Operation Research adalah suatu metode yang digunakan untuk memilih suatu pilihan atau mengambil sebuah keputusan agar hasilnya optimal.

Teknik operasi digunakan hampir di seluruh bidang bukan hanya dalam dunia teknik sipil tetapi juga dalam bidang ekonomi, bisnis, pabrikasi, sosial dan masalah keseharian lainnya. Masalah-masalah terebut diubah kedalam bentuk matematis sehingga dapat dihitung kemungkinan-kemungkinannya dan dapat diputuskan yang mana yang merupakan hasil yang paling optimal. 

bidang cartesius
garis linier-biasa digunakan untuk menggambarkan pemodelam matematis dalam teknik operasi



Perkembangan Operation Research

Digunakan tahun 1940 oleh Mc Closky dan Trefthen disuatu kota di Inggris digunakan oleh pemimpin militer Inggris untuk mencari cara-cara yang efisien untuk menggunakan alat yang baru ditemukan untuk menghadapi serangan udara.

Setelah perang, keberhasilan kelompok peneliti operasi-operasi dibidang militer menarik perhatian para industriawan yang mencari penyelesaian masalah-masalah yang rumit. Akhirnya, pada tahun lima puluhan, di Inggris dan di Amerika,teknik-teknik program linier dan dinamik ditemukan dan diperluas. Pada saat ini OR mulai mendapat pengakuan sebagai pelajaran yang bermanfaat di Perguruan Tinggi dan materi menjadi makin banyak dan penting bagi mahasiswa. Sebetulnya teknik operation research juga telah di pelajari di bangku SMA tahun ke tiga dalam materi garis linier namun masih dalam masalah-masalah yang sederhana dan dasar. Di bangku kuliah tentu saja persoalan yang harus dipecahkan lebih sulit. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar