Senin, 28 Mei 2012

Perencanaan Transportasi (kuliah pendahuluan)

berdasarkan kuliah pada hari Sabtu, 19 Maret 2011 oleh Ir.A.R Indra Tjahjani, MT.

KONDISI TRANSPORTASI DI JAKARTA (Transportasi Makro Pemprov DKI)

1. Kebutuhan Perjalanan
    Pada tahun 2008, kebutuhan perjalanan di Jakarta 20,7 juta perjalanan per hari.

2. Kendaraan Bermotor
    Tahun 2009 telah mencapai ± 6,5 juta unit
    Kendaraan Pribadi 6,4 juta
    Pertumbuhan rata-rata 5 tahun terakhir ± 10% per tahun
    Pertumbuhan kendaraan bermotor ± 240 unit per hari
    Pertumbuhan sepeda motor 890 unit per hari

3. Biaya kemacetan
    Pada tahun 2008 pemborosan biaya operasional kendaraan sejumlah Rp. 17, trilyun/th
    Pemborosan BBM sebesar Rp. 10 trilyun per tahun

4. Jaringan Jalan

  • Panjang jalan  : 7650 km
  • Luas Jalan 40,1 Km2 dari luas wilayah DKI Jakarta
  • Pertumbuhan panjang jalan hanya ±0,01% per tahun

5. Mode Share
    Persentase jumlah kendaraan pribadi di tahun 2008 sebesar 98,6 % melayani 44% perjalanan
    Angkutan umum hanya 1,4 % dan melayani 56% perjalanan 
    (Diantaranya 3% dilayani oleh Kereta Api/ KRL Jabodetabek)

moda transportasi
salah satu jenis moda transportasi di Jakarta -bajaj


Tidak ada komentar:

Posting Komentar